Contoh RPP kelas XI Kurikulum 2013
Apakabar guru PAI, apa anda kesulitan untuk mencari RPP Kurikulum 2013, saya ada RPPnya. Insyallah bermanfaat, bagi guru yang sudah lihat silakan tinggal pesan
![148 Tentang kompetisi dalam kebaikan](file:///C:\DOCUME~1\user\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image018.png)
![B. Q.S. Fatir, 35 : 32](file:///C:\DOCUME~1\user\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image024.png)
(RPP)
KURIKULUM
2013
Satuan Pendidikan : SMA Muhammadiyah 1 Pontianak
Kelas/Semester :
XI/ 1
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Topik : kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
Materi
Pokok : Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. Az-Zumar (39) : dan
Q.S. At-Taubah (9) : 105
Alokasi Waktu :
45 X 6
Jam Pelajaran
A.
Kompetensi
Inti :
(K1) :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S.
Az-Zumar (39) : dan Q.S. At-Taubah (9) : 105, serta hadits tentang taat,
kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
4.1 Membaca Q.S.
An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At Taubah (9) : 105 sesuai
dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. An-Nisa (4) :
59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At-Taubah (9) : 105 dengan lancar
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mampu menganalisis Q.S. Al-Maidah (5) : 48;
Q.S. Az-Zumar (39) : dan Q.S. At-Taubah (9) : 105, serta hadits tentang taat,
kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
4.1 Mampu membaca
Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At Taubah (9) : 105 sesuai
dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2 Mampu mendemonstrasikan hafalan
Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At-Taubah (9) : 105 dengan lancar
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran siswa dapat
1 Menganalisis Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S.
Az-Zumar (39) : dan Q.S. At-Taubah (9) : 105, serta hadits tentang taat,
kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
2. Membaca Q.S.
An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S. At Taubah (9) : 105 sesuai
dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
3.
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. An-Nisa (4) : 59; Q.S. Al-Maidah (5) :
48; Q.S. At-Taubah (9) : 105 dengan
lancar
E. Materi Ajar
Q.S.
Al-Maidah (5) : 48; Q.S. Az-Zumar (39) : dan Q.S. At-Taubah (9) : 105, serta
hadits tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja
F. Metode Pembelajaran
Saintifik
kooperatif
rool play,diskusi,
ceramah
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasiwaktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan
salam
·
Menanyakan
kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·
Menanyakan
kehadiran siswa
·
Mempersilakan
salah satu siswa memimpin doa
·
Tanya
jawab materi sebelumnya
·
Menyampaikan
tujuan pembelajaran melalui power point.
|
10 menit
|
Inti
|
· Mengamati
- Menyimak bacaan al-Qur’anQS. Al Maidah
(5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits
yang terkait secara
individu maupun kelompok.
· Menanya
-
Mengajukan
pertanyaan tentang kaedah tajwid yang terdapat dalam QS. Al Maidah
(5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105
-
Mengajukan pertanyaan tentang makna mufrodat yang terdapat
dalam QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At
Taubah (9): 105 serta hadits yang terkait
· Eksperimen/Eksplor
-
Menganalisa kaedah tajwid yang
terdapat QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At
Taubah (9): 105
-
Diskusi tentang makna mufrodat dan ijmali yang terdapat
dalam QS. Al Maidah
(5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits
yang terkait
Diskusi tentang kandungan makna QS. Al Maidah (5): 48;Q.S.
Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
· Assosiasi
- Menyimpulkan kaedah tajwid
yang terdapat pada QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At
Taubah (9): 105
- Menyimpulkan makna mufrodat
dan ijmali yang terdapat dalam QS. Al
Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta
Hadits yang terkait
-
Menyimpulkan kandungan makna QS. Al
Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta
Hadits yang terkait.
· Komunikasi
- Menyajikan kaedah tajwid yang terdapat QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39)
: 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105
-
Menyajikan makna mufrodat dan ijmali yang terdapat
dalam QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At
Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
- Menyajikan kandungan makna
QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105
serta Hadits yang terkait
-
Mendemonstrasikan bacaan tartil dan
hafalan QS. Al Maidah
(5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits
yang terkait
·
Refleksi
Menampilkansikap kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras, dalam kehidupan sehari-hari sebagai refleksi dari pemahaman QS. Al
Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta
Hadits yang terkait
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan
siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
·
Evaluasi
untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·
Siswa
melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·
Mengucapkan
salam
|
10 menit
|
H. Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a. Alat / Bahan : Al
Qur’an
Power point, Video, LCD, Laptop
b. Sumber Belajar
: Buku PAI
Kls X Kemdikbud
·
Al-Quran dan
Al-Hadits
·
Buku tajwid
·
Kitab tafsir
Al-Qur’an
·
Buku lain yang
menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
I. Penilaian
1. Prosedur :
a. Penilaian proses
belajar mengajar oleh guru
b. Penilaian hasil
belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2. Alat Penilaian
(Soal terlampir)
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Iswaldi,
S.Pd
NBM.
914815
|
|
Pontianak, Juli 2014
Guru
Bidang Studi
Sapri,
S.Pd.I
NBM.
1115138
|
Lampiran 1
Bacalah
ayat-ayat berikut dengan tartil dan renungkanlah maknanya serta perhatikan adab
dan sopan santun membaca Al Qur’an.
![]() |
·
Q. S. Al Baqarah ayat 148
![](file:///C:\DOCUME~1\user\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image006.png)
·
Q.S. Al Fatir, 32-33
![](file:///C:\DOCUME~1\user\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image008.jpg)
·
Q.S. Al Alaq; 1-5
![]() |
|||
![]() |
·
Q. S. Al Al
Nujadilah : 11
![]() |
·
Q.S. Al Jum’ah 9 - 10
![]() |
![]() |
![148 Tentang kompetisi dalam kebaikan](file:///C:\DOCUME~1\user\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image018.png)
![A. Q.S. Al Baqarah, 2 :](file:///C:\DOCUME~1\user\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image019.png)
![](file:///C:\DOCUME~1\user\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image021.jpg)
1. Bacaan dan Penjelasan Tajwid
Ø Bacalah ayat berikut dengan tartil dan fasih. Kemudian salin kembali
dengan benar dan baik.
![]() |
2.Terjemahan ayat
Terjemahan
Q.S. Al Baqarah, 2 : 148 adalah :
Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka
berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Dimana
saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh
Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.
3. Kandungan
o Setiap
umat mempunyai kiblat / syariat atau aturan masing-masing. Bagi umat Islam
kiblatnya adalah Ka’bah sebagai pusat menghadap ketika salat.
o Kaum
muslimin hendaknya giat beribadah, beramal, bekerja, dan berlomba-lomba dalam
kebaikan.
o Pada hari Kiamat nanti Allah SWT akan mengumpulkan setiap umat
manusia. Pada saat itu, manusia akan
diadili dengan seadil-adilnya tentang perbuatan yang mereka lakukan ketika di
dunia. Manusia akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang telah mereka
kerjakan. Pada saat itu pula akan
diketahui siapa di antara mereka yang paling benar dan paling baik amalnya.
4. Penjelasan
Qur’an
Surat Al Baqarah terdiri dari 286 ayat diturunkan di Madinah yang sebagian
besar diturunkan pada permulaan tahun Hijriyah, kecuali ayat 281 diturunkan di
Mina pada Haji Wada’ (haji Nabi Muhammad s.a.w. yang terakhir). Seluruh ayat
dari surat Al Baqarah termasuk ayat Madaniyah, merupakan surat yang terpanjang
diantara surat-surat Al qur’an yang di dalamnya terdapat pula ayat yang
terpanjang, yakni ayat 282. Surat ini
dinamai surat “Al Baqarah” karena di dalamnya disebutkan kisah penyembelihan
sapi yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil ( lihat : ayat 67 – 74 ),
dimana dijelaskan watak orang Yahudi pada umumnya. Surat Al Baqarah dinamai
pula surat Fusthaatul Qur’an artinya
puncak Al Qur’an karena memuat
beberapa hukum yang tidak disebutkan dalam surat yang lain.
Pada
surat Al Baqarah 148 dijelaskan bahwa manusia di alam ini telah terjadi
golongan-golongan dimana mereka telah meyakini kebenaran aturan dan syare’atnya
masing-masing seperti : golongan Islam, Nasrani, Yahudi, Budha, Hindu dan umat
lainnya. Namun bagi umat Islam haruslah yakin bahwa syare’at Islam adalah
syare’at yang benar karena kebenaran syare’at Islam itu telah ditetapkan
kebenarannya oleh Allah dan dinyatakan agama yang paling benar pula sebagaimana
firman-Nya dalam Q.S. Ali Imran : 19 yang artinya :”Sesungguhnya agama (yang diridoi ) di sisi Allah hanyalah Islam”. Pada
ayat lain Q.S. Ali Imran ayat 85 juga dijelaskan yang artinya :”Barang siapa mencari agama selain agama Islam,
maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) dari padanya, dan dia di
akherat termasuk orang-orang yang rugi”.
Kata
kiblat berarti arah yang dituju umat Islam dalam melaksanakan ibadah salat.
Namun kiblat bisa diartikan sebagai syari’at, agama, undang-undang atau
peraturan yang dijalani oleh manusia.
Ada
sejarah umat Islam yang dahulunya menghadap kiblat ke Baitul Maqdis di
Yerussalem ketika melaksanakan ibadah salat. Kemudian beralih ke Baitullah
Ka’bah di Makkah setelah mendapatkan perintah Allah yang tercantum dalam Q.S.
Al Baqarah ayat 144 yang artinya : “Sungguh
kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit (berdo’a dan menunggu-nunggu
turunnya wahyu), maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu
sukai. Palinglah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada,
palinglah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (yahudi dan Nasrani)
yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke
Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya. Dan Allah sekali-kali tidak
lengah dari apa yang mereka kerjakan”.
Umat
Islam dan umat manusia pada umumnya diperintahkan untuk berlomba- lomba berbuat
kebajikan yaitu melakukan perbuatan-perbuatan yang bermanfaat untuk
kesejahteraan umat manusia baik lahiriyah maupun bathiniah, seperti
berlomba-lomba mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat
dimanfaatkan oleh manusia untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran hidup di
dunia, bukan sebaliknya yang digunakan untuk menyengsarakan atau mengancam
kelangsungan kehidupan manusia.
.
![]() |
![B. Q.S. Fatir, 35 : 32](file:///C:\DOCUME~1\user\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image024.png)
![Tentang adanya Tiga Kelompok
Umat Islam](file:///C:\DOCUME~1\user\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.png)
![](file:///C:\DOCUME~1\user\LOCALS~1\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image021.jpg)
1. Bacaan dan
Penjelasan Tajwid
Ø Bacalah ayat berikut dengan tartil dan fasih. Kemudian salin kembali
dengan benar dan baik.
![]() |
1. Terjemahan ayat
Terjemahan Q.S. Faatir, 35 :
32 adalah :
Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih
diantara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menzalimi diri
sendiri; ada yang pertengahan; dan ada
(pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan *) dengan izin Allah. Yang
demikian itu adalah karunia yang besar.
*) menzalimi
diri sendiri ialah orang yang lebih
banyak kesalahannya daripada kebaikannya, dan “ pertengahan “ ialah orang yang
kebaikannya berbanding sama dengan kesalahannya, sedang yang dimaksud dengan “
orang yang lebih dahulu dalam berbuat kebaikan” ialah orang-orang yang
kebaikannya sangat banyak dan sangat jarang berbuat kesalahan.
2. Kandungan
o Allah SWT
mewariskan Kitab suci Al Qur’an kepada hamba-hambanya yang terpilih yaitu umat
Islam.
o Sikap umat Islam terbagi menjadi tiga golongan, yaitu 1). golongan yang
mengamalkan agamanya, tetapi juga masih lebih banyak berbuat kejahatan/buruk;
2) golongan yang dalam pertengahan yaitu amal kebajikannya berbanding dengan amal keburukannya; 3)
golongan selalu berbuat kebajikan sehiangga dalam beramal selalu mendahulukan
kebajikan dan menghindarkan berbuat jahat/dosa.
o Golongan umat Islam yang senantiasa dapat beramal baik yang lebih
banyak, mereka itulah yang mendapatkan karunia besar dari Allah SWT.
3. Penjelasan
Qu’an surat Faatir terdiri atas 45 ayat,
termasuk golongan surat-surat Makiyah, diturunkan sesudah surat Al Furqan. Kata Faatir
berarti “ pencipta “ ada hubungannya
dengan perkataan “ Faatir “ yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Pada
ayat tersebut bahwa Allah adalah Pencipta langit dan bumi. Pencipta
malaikat-malaikat, Pencipta semesta alam yang semuanya itu adalah bukti atas
kekuasaan dan kebesaran-Nya.
Maksud kelompok dholimun linafsihi atau
kelompok yang menganiaya diri itu adalah kelompok yang mengaku beragama Islam
tetapi lebih banyak melakukan perbuatan kejahatan dan dosa dari pada
kebaikannya. Kelompok ini adalah termasuk
golongan yang merugi, nanti di akherat akan ditempatkan di neraka dan
akan memperoleh siksa karena perbuatan dosanya. Namun setelah mereka disiksa
sesuai dengan kesalahan dan dosanya, mereka akan mendapatkan ampunan dari Allah
karena keimanannya sehingga dikeluarkan dari api neraka. Hal ini berdasarkan
hadis Rosulullah yang artinya :” akan keluar dari neraka siapa saja yang
mengucapkan LAAILAAHA ILLALLAH, sedangkan dalam hatinya (hanya) ada kebaikan
sebesar debu” (H.R. Buchori –
Muslim, dan Tirmidzi)
Maksud kelompok muqtashid yakni, kelompok yang ada dipertengahan adalah
kelompok umat Islam yang perbuatan baiknya sebanding dengan perbuatan jahatnya.
Kelompok ini akan ditempatkan di A’raf yaitu tempat antara surga dan neraka.
Kemudian beberapa waktu yang telah ditetapkan Allah golongan ini lalu
dimasukkan ke dalam surga.
Sedangkan kelompok saabiqun bil khoirooti adalah
kelompok umat Islam yang lebih dahulu berbuat kebajikan, mereka gemar berbuat
kebaikan, tidak mau berbuat kejahatan atau dosa. Kelompok ini akan memperoleh kebahagiaan di
dunia dan akherat. Di akherat akan ditempatkan di surga Adn dengan
segala fasilitas-fasilitasnya, seperti yang diterangkan dalam Q.S. Al Fathir
ayat 33 yang artinya : “(Bagi mereka) surga Adn, mereka masuk ke dalamnya,
di dalamnya mereka diberi perhiyasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan
mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya dari sutera”
KEGIATAN SISWA
v Diskusikan dengan teman-temanmu bagaimana sikap dan perilaku orang yang
tergolong kelompok sabiqun bilkhairat itu.
v Coba identifikasi perilaku golongan orang yang zalim terhadap dirinya
sendiri.
v Coba renungkan apa manfaat dan
hikmah yang dapat dipetik bagi kelompok orang yang dapat beramal saleh lebih banyak dari pada
kejahatan/dosanya.
RANGKUMAN
¨
Surah Al Baqarah,2 : 148 berisi bahwa setiap umat itu mempunyai
kiblat, aturan dan syari’ah masing-masing. Allah SWT menyuruh kepada semua manusia
untuk memilih agama yang paling benar ( Islam ) dan disuruh beribadah, beramal,
bekerja dan berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan.
¨
Kandungan Q.S.
Faatir, 35 : 32 adalah menerangkan tentang adanya tiga golongan umat
Islam sebagai pewaris Kitab Al Qur’an yaitu
golongan yang menganiaya dirinya sendiri, golongan yang ada dalam
pertengahan, golongan yang lebih dahulu berbuat kebajikan. Kelompok yang lebih dahulu berbuat kebaikan tentu akan
mendapat karunia dari Allah baik di dunia maupun di akherat.
UJI KOMPETENSI
Aspek afektif
Isilah pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang
sebenarnya dengan cara mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia
INTERNALISASI AKHLAK
MULIA
|
|||||
No
|
Pernyataan
|
setuju
|
tidak setuju
|
tidak tahu
|
alasan
|
1
|
Memberikan
kasih sayang, rasa
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
|
hormat dan bantuan kepada fakir miskin adalah kewajiban kita bersama.
|
|
|
|
|
2
|
Berlomba-lomba
dalam berbuat
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
|
kebajikan
merupakan perbuat-an terpuji.
|
|
|
|
|
3
|
Muslim
/ muslimat yang sering
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
|
berbuat
dosa besar termasuk orang yang
menganiaya diri.
|
|
|
|
|
4
|
Umat Islam
yang perbuatan -
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
|
perbuatan
baiknya sebanding dengan perbuatan jahatnya ia lebih dahulu akan ditempatkan
di neraka.
|
|
|
|
|
5
|
Umat Islam
yang perbuatan-
|
…..
|
….
|
….
|
…..
|
|
perbuatan baiknya lebih ba-nyak
dari perbuatan dosanya maka ia akan masuk surga.
|
|
|
|
|
Lampiran 2 : Format Penilaian Proses bealajar
FORMAT PENGAMATAN SIKAP
No
|
Nama Siswa
|
Disiplin
|
Tanggung jawab
|
Peduli
|
Kerja keras
|
||||||||
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
INDIKATOR KOMPETENSI INTI
1 DAN 2
1.
Disiplin
a.
Selalu hadir di kelas
tepat waktu
b.
Mengerjakan LKS sesuai
petunjuk dan tepat waktu
c.
Mentaati aturan main dalam
kerja mandiri dan kelompok
2.
Tanggung jawab
a.
Berusaha menyelesaikan
tugas dengan sungguh-sungguh
b.
Bertanya kepada teman/guru
bila menjumpai masalah
c.
Menyelesaikan permasalahan
yang menjadi tanggung jawabnya
d.
Partisipasi dalam kelompok
3.
Peduli
a.
Menjaga kebersihan kelas,
membantu teman yang membutuhkan
b.
Menunjukkan rasa empati
dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
c.
Mampu memberikan
ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
d.
Memberikan bantuan sesuai
dengan kemampuannya
4.
Kerja keras
a.
Mengerjakan LKS dengan
sungguh-sungguh
b.
Menunjukkan sikap pantang
menyerah
c.
Berusaha menemukan solusi
permasalahan yang diberikan
PEDOMAN PENILAIAN:
a.
Penilaian dilakukan dengan
cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam
waktu tertentu.
b.
Hasil yang dicapai
selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
.
·
Tugas
-
Melakukantelaahterhadapkaedah
tajwid dan kandungan makna yang terdapat dalam QS. Al Maidah
(5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At Taubah (9): 105 serta Hadits yang
terkait
·
Observasi
- Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
- Isi diskusi (kaedah
tajwid, makna mufrodat dan ijmali, dan kandungan makna ayat al-Qur’an)
kompetitif
dalam kebaikan dan kerja keras dalam kehidupan seha-hari sebagai implemantsi dari
pemahaman QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At
Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
·
Portofolio
- Membuat laporan tentang kaedah tajwid, makna mufrodat dan ijmali, serta kandungan
makna QS. Al Maidah (5): 48;Q.S. Az-Zumar (39) : 39; dan Q.S. At
Taubah (9): 105 serta Hadits yang terkait
·
Tes
-
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal –
soal pilihan ganda dan uraian
Komentar
Posting Komentar