kelas X Bab 2 berpakaian sesuai dengan syariat Islam

URAIAN MATERI PEMBELAJARAN

1.     ETIKA BERPAKAIAN DAN BERHIAS MENURUT ISLAM

Fungsi berpakaian yang islami berdasarkan Q.S. Al-A’raaf  7: 36 adalah:
-          Untuk menutupi aurat
-          Untuk memperindah jasmani manusia
Allah SWT berfirman :
يَابَنِي آدَمَ قَدْ أَنزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاساً يُوَارِي سَوْءَاتِكُمْ وَرِيشاً وَلِبَاسُ التَّقْوَى ذلِكَ خَيْرٌ ذلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ.(الاعراف:36)
Artinya: “Hai anak adam (umat manusia) sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa (selalu taqwa pada Allah) itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’raaf, 7: 36).

Aurat adalah bagian tubuh manusia yang tidak boleh terbuka dan dilihat orang lain. Aurat laki-laki dewasa ialah antara pusat dan lutut, sedangkan aurat perempuan adalah seluruh tubuhnya, kecuali muka dan telapak tangan. Pakaian yang Islami adalah pakaian yang dapat menutup aurat, bagi laki-laki harus dapat menutup bagian tubuhnya anatar pusat dan lutut, sedangkan bagi wanita harus dapat menutup seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan. Perhatikan firman Allah SWT berikut:
يأَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلاَبِيبِهِنَّ ذلِكَ أَدْنَى أَن يُعْرَفْنَ فَلاَ يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُوراً رَّحِيماً.(الاحزاب:59)
Artinya: “Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu , anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya (jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada) ke seluruh tubuh mereka yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab, 33: 59)

Dalam ayat Alquran tersebut jelaslah bahwa Allah SWT menyuruh wanita-wanita beriman agar berpakaian, dengan pakaian yang dapat menutup seluruh auratnya. Manfaat pakaian itu selain untuk menunjukkan identitas seorang mukmin, juga agar terhindar dari gangguan dan pelecehan yang tidak diiginkan.
Dalam hadist dari Abi Hurairah yang diriwayatkan oleh Imam Muslim ditegaskan bahwa wanita yang tidak akan masuk surga bahkan tidak dapat mencium baunya surga antara lain yang berpakaian tetapi telanjang (karena pakaiannya terlalu minim, terlalu tipis atau tembus pandang, terlalu ketat atau pakaian yang merangsang pria karena sebagian auratnya terbuka). Orang-orang beriman selain dituntut untuk berpakaian yang menutupi aurat juga dianjurkan untuk berhias diri agar berpenampilan indah, Allah SWT berfirman:
يَابَنِي آدَمَ خُذُواْ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ .(الاعراف:31)
Artinya: “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah disetiap (memasuki) Masjid.” (QS. Al A-Raaf, 7: 31)

Hadist-hadist Nabi saw banyak menjelaskan tata cara berhias diri yaitu:
-    Anjuran untuk memotong kuku, memendekkan kumis, menyisisr rambut, dan merapikan jenggot (jika berjenggot).
-    Anjuran untuk berharum-haruman, dengan wewangian yang menyenangkan hati melegakan dada, menyegarkan jiwa, serta membangkitkan semangat dan gairah kerja.
-    Larangan mencukur botak sebagian kepala, dan sebagian lainnya tidak  dicukur / dibiarkan tumbuh.
-    Larangan berhias diri dengan mengubah apa yang telah diciptakan Allah SWT misalnya mengeriting rambut, memakai cemara (menyambung rambut), mencukur alis mata, membuat tahi lalat palsu, dan larangan bertato.
-    Laki-laki dilarang berhias diri dengan menyerupai perempuan dan begitu pula sebaliknya






A.     PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1.      Penilaian Sikap
a.      Kisi-kisi Soal Sikap Spiritual
IPK
Materi Pembelajaran
Indikator Soal
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
No. Rubrik

1.5.1          1.5.1 Memilih terbiasa berpakaian sesuai dengan syariat islam dalam kehidupan sehari – hari
1.5.2          1.5.2 Berakhlak mulia sebagai implementasi dari terbiasa berpakaian sesuai syariat islam


Terbiasa berpakaian sesuai syariar islam


Siswa dapat melakukan sikap berikut dengan tepat:

Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

Senang mengenakan jilbab dalam kehidupan sehari - hari

Senang menutup aurat dalam kehidupan sehari hari

Rajin berpakaian sesuai dengan syariat islam dalam kehidupan sehari hari

Takut berbuat dosa dengan tidak mengenakan pakaian yang melanggar  syariat islam


Observasi


Lembar penilaian






1





2





3





4







5



b.     Contoh Lembar Penilaian Sikap Spiritual 

No
Aspek pengamatan
Skor
Nilai
Predikat
1
2
3
4
1
Setiap hari saya selalu berdoa sebelum dan sesudah pelajaran






2.
Senang mengenakan jilbab dalam kehidupan sehari - hari






3.
Senang menutup aurat dalam kehidupan sehari hari






4.
Rajin berpakaian sesuai dengan syariat islam dalam kehidupan sehari hari






5.
Takut berbuat dosa dengan tidak mengenakan pakaian yang melanggar  syariat islam






Jumlah skor







Skor Penilaiannya:
                          Selalu                          : skor 4
                          Sering                         : skor 3
                         Jarang                         : skor 2
                         Tidak Pernah          : skor 1

        Nilai akhir   =   jumlah skor yang diperoleh peserta didik x 100
Jumlah skor maksimal ( 20 )

Kriteria Nilai:
                                A = 80 – 100       : Amat baik
                                B = 70-79            : Baik
                                C = 60-69             : Cukup
D = <60                : Kurang


c.      Kisi-kisi soal sikap sosial
IPK
Materi Pembelajaran
Indikator Soal
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
No. Rubrik

1.5.3          1.5.1 Memilih terbiasa berpakaian sesuai dengan syariat islam dalam kehidupan sehari – hari
1.5.4          1.5.2 Berakhlak mulia sebagai implementasi dari terbiasa berpakaian sesuai syariat islam


Terbiasa berpakaian sesuai syariat islam


Siswa dapat melakukan sikap berikut dengan tepat:

Rajin mengingatkan teman yang belum berpakaian sesuai syraiat islam

Rajin berpakaian sesuai syariat islam

Berakhlak mulia dalam kehidupan sehari hari


Observasi


Lembar penilaian






1





2



3


d.      Contoh: Lembar Penilaian sikap sosial

No

Aspek pengamatan
Skor
Nilai
Predikat
1
2
3
4
1.
Rajin mengingatkan teman yang belum berpakaian sesuai syraiat islam






2.
Rajin berpakaian sesuai syariat islam







3.
Berakhlak mulia dalam kehidupan sehari hari






Jumlah skor







Skor Penilaiannya:
                          Selalu                          : skor 4
                          Sering                         : skor 3
                         Jarang                         : skor 2
                         Tidak Pernah          : skor 1

        Nilai akhir   =   jumlah skor yang diperoleh peserta didik x 100
Jumlah skor maksimal

Kriteria Nilai:
                                A = 80 – 100       : Amat baik
                                B = 70-79            : Baik
                                C = 60-69             : Cukup
D = <60                : Kurang

2.      Pengetahuan
a.      Kisi-kisi soal pengetahuan
Kompetensi Dasar
Indikator Soal
No. Soal
Ket
3.5 Menganalisis ketentuan berpakaian sesuai syariat islam
Disajikan narasi tentang berpakaian sesuai syariat islam siswa dapat menganalisis cirri – cirri berpakaian sesuai syariat islam
1

Disajikan ilustrasi tentang kehidupan di masyarakat zaman sekarang, peserta didik dapat menentukan hikmah berpakain sesuai syariat islam
2

Disajikan ilustrasi tentang kehidupan seseorang yang berpakaian peserta didik dapat menentukan kesesuaian dengan syariat islam
3


Teknik Penilaian : Tes Tertulis

PEDOMAN PENSKORAN
No
Kunci jawaban
Skor
1
Jawaban Benar dan lengkap
10
2
Jawaban benar tidak lengkap
5
3
Jawaban salah
0


3.      Keterampilan
a.      Kisi-kisi Soal Keterampilan

IPK
Materi Pembelajaran
Indikator Soal
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
No. Soal

4.5 menyajikan keutamaan tatacara berpakaian sesuai syariat Islam


Terbiasa berpakaian sesuai syariat islam


Disajikan video tentang perilaku berpakaian sesuai syariat islam , peserta didik mampu menyesuaikan berpakaian sesuai dengan syariat islam dalam bentuk makalah/ artikel dengan benar


Peserta didik mampu mendemontrasikan berpakaian sesuai dengan syariat islam dalam bentuk makalah/ artikel dengan benar dengan baik


Project


Lembar penilaian project

1














2

b.      Contoh Soal Keterampilan
Guru melakukan penilaian project terhadap tugas peserta didik secara kelompok berupa makalah/artikel yang dipresentasikan dan pengamatan pada saat pelaksanaan diskusi:


No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor maks

Nilai
Ketuntasan
Skor maks
Tindak lanjut
1
2
3
T
TT
R
P
1











2











3











dst












Keterangan:
T       : Tuntas mencapai nilai (disesuaikan dengan nilai KKM)
TT    : Tidak tuntas bila di lihat dari nilai KKM
R       : Remedial
P       : Pengayaan
               
Aspek dan rubik penilaian:
1.       Kejelasan dan kedalaman informasi.
a.       Jika kelompok tersebut bisa memberikan kejelasan dan pedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
b.      Jika kelompok tersebut bisa memberikan penjelasan dan pedalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
c.       Jika kelompok tersebut bisa memberikan penjelasan dan pendalaman informasi kurang lengkap dan kurang sempurna, skor 10.

2.       Keaktipan dalam diskusi.
a.       Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b.      Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c.       Jika kelompok kurang aktif dalam diskusi diberi, skor 10.

3.       Kejelasan dan kerapian persentasi.
a.       Jika kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan jelas dan rapi, skor 40.
b.      Jika kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 30.

c.       Jika kelompok tersebut dapat mempersentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 20.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelas XI Bab 2 Hidup Nyaman dengan Perilaku Jujur

Tari Lenggang Patah Sembilan: Tari Klasik Kesultanan Serdang di Sumatra Utara

Metode dan Teknik Pembelajaran diposkan oleh Sapri