materi kelas XI toleransi merupakan alat pemersatu bangsa
TARTILAN
Bacalah ayat-ayat berikut
dengan tartil dan renungkanlah maknanya serta perhatikan adab dan sopan santun
membaca Al Qur’an.
·
Q. S. Al
Kaafirun
·
Q.S. Al Yunus : 40 - 41
·
Q.S. Al Kahfi : 29
1. Bacaan dan Penjelasan Tajwid
Ø Bacalah ayat berikut dengan tartil dan fasih. Kemudian salin kembali
dengan benar dan baik.
2.Terjemahan ayat
Terjemahan
Q.S. Al Kaafirun , 109 : 1 - 6 adalah :
Katakanlah ( Muhammad), “ Wahai orang-orang kafir ! (1)
aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, (2)
dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah, (3)
dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, (4)
dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah, (5)
untukmu agamamu, dan untukku agamaku.” (6)
3. Kandungan
o Pegasan
kepercayaan atau keyakinan bahwa Tuhan yang disembah oleh Nabi Muhammad saw dan
umat Islam itu berbeda dengan Tuhan yang disembah oleh orang-orang kafir.
o Allah SWT
menyuruh kepada Nabi Muhammad saw dan umat Islam untuk tidak mencampuradukkan
kepercayaan kepada Allah Yang Mahaesa dengan kepercayaan kemusyrikan yaitu
sesembahan selain Allah.
o Ketegasan
penolakan Nabi Muhammad saw untuk tidak membaurkan keimanan kepada Allah dengan
keimanan dan peribadatan yang diajarkan oleh orang-orang kafir.
4. Penjelasan
Qur’an
Surat Al Kaafirun terdiri atas 6 ayat, termasuk golongan surat-surat Makiyyah.
Dinamai “ Al Kaafirun” ( orang-orang kafir), diambil dari perkataan “Al
Kaafiruun” yang terdapat pada ayat pertama surat ini.
Asbabun nuzul (latar belakang turunnya) surat Al Kaafirun
adalah ketika para petinggi kafir Quraisy terdiri atas Walid Al Mughirah, Aswad
bin Abdul Muthallib, dan Umayyah bin Khalaf datang kepada Rosulullah saw,
menawarkan kompromi menyangkut pelaksanaan ajaran agama secara bersama-sama.
Usulnya, agar Nabi Muhammad saw beserta umatnya mengikuti kepercayaan mereka
dan merekapun akan mengikuti ajaran Islam. Mereka berkata “ selama setahun kami
akan menyembah Tuhanmu dan selama setahun juga kamu harus menyembah Tuhan kami.
Bila agamamu benar kami mendapatkan keuntungan karena bisa menyembah Tuhanmu
dan jika agama kami benar, kamupun
memperoleh keuntungan.” Mendengar usulan tersebut Nabi Muhammad saw menjawab
dengan tegas, “ aku berlindung kepada Allah dari perbuatan menyekutukan-Nya.”
Maka turunlah ayat surat Al Kaafirun tersebut yang kemudian dibacakannya.
Kata kafir
berasal dari kata kufur, artinya menutupi kebenaran, melanggar
kebenaran yang telah diketahui, dan tidak berterima kasih. Kata kafir disebutkan
dalam Al Qur’an sebanyak 525 kali semuanya mengacu kepada perbuatan mengingkari
Allah swt, mengingkari nikmat-nikmat Allah swt, membangkang hukum-hukum Allah
swt, dan meninggalkan amal saleh yang diperintahkan Allah swt.
1. Bacaan dan Penjelasan Tajwid
Ø Bacalah ayat berikut dengan tartil dan fasih. Kemudian salin kembali
dengan benar dan baik.
1. Terjemahan ayat
Terjemahan
Q.S. Yunus, 10 : 40 - 41 adalah :
Dan di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepadanya (Al Qur’an),
dan diantaranya ada (pula) ada orang-orang yang tidak beriman kepadanya.
Sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan. (40)
Dan jika mereka (tetap) mendustakanmu ( Muhammad), maka katakanlah, “
bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu tidak bertanggung jawab
terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun tidak pertanggung jawab terhadap apa
yang kamu kerjakan.” (41)
2. Kandungan
o Sikap
atau pandangan manusia setelah Nabi Muhammad SAW diutus sebagai Rosul dan
membawa kitab suci Al Qur’an, ada golongan manusia yang mengimaninya dan ada
golongan yang tidak mengimaninya.
o Allah SWT
Maha Mengetahui sikap dan perilaku orang-orang yang taqwa yang senantiasa
berbuat kebaikan (muhsinin) dan orang-orang kafir yang berbuat kerusakan
dimuka bumi (mufsidin) .
o Sebagai
orang yang beriman wajib mengajak kepada manusia ke jalan yang benar sesuai
dengan petunjuk Al Qur’an. Jika mereka bersikukuh pada pendiriannya maka kita
tidak bisa memaksanya, bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Seseorang
tidak akan memikul dosa orang lain, tetapi masing-masing akan memikiul dosanya
sendiri-sendiri ( Q.S. Saba, 34 : 25)
3. Penjelasan
Qur’an
Surat Yunus merupakan surat yang ke 10 terdiri atas 109 ayat, termasuk surat-surat
Makiyyah kecuali ayat 40,94,95 yang diturunkan di Madinah. Dinamai “surat
Yunus” karena dalam surat ini ditampilkan kisah Nabi Yunus a.s. dan
pengikut-pengikutnya yang teguh imannya.
Umat
manusia setelah diutusnya Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul Allah SWT yang
terakhir terbagi menjadi dua golongan. Ada golongan yang membenarkan terhadap
kerasulan Nabi Muhammad serta mengimani kebeneran Al Quran, tapi juga ada
golongan yang mendustakan kebenaran kerasulan Nabi Muhammad SAW dan mengingkari
Al Qur’an. Allah memberikan penghargaan bagi yang mengimaninya diberikan hak
masuk surga. Tetapi sebaliknya bagi orang yang mengingkarinya diberikan haknya
di neraka.
Bagi
orang yang telah beriman ( umat Islam ) harus berpendirian teguh terhadap
kebenaran yang telah diyakininya bahwa nabi Muhammad adalah rosul yang diutus
Allah yang terakhir, tidak ada rosul sesudahnya. Dan yakin bahwa Alqur’an
merupakan kitab suci yang benar, umat Islam harus menjadikannya sebagi pedoman hidup sampai akhir zaman. Dan umat
Islam harus yakin bahwa apa-apa yang datangnya dari Al Qur;an dan sunah Rosul
adalah benar tidak ada keraguan
sedikitpun kepada keduanya.
Ayat
tersebut juga mengisyaratkan kepada umat Islam apabila ada orang yang berbeda
sikap dab pandangan dengan kita, dimana sikap dan pandangan orang tersebut menurut kita salah, kita wajib mengajaknya
agar kembali kepada kebenaran sebagaimana yang tertulis dalam Al Qur’an. Namun
apabila mereka bersikukuh terhadap pendiriannya maka kita tidak boleh
memaksanya. Setiap manusia akan bertanggung jawab apa yang diperbuatnya besuk
di akherat ketika kita menghadap Allah
SWT
1. Bacaan dan Penjelasan Tajwid
Ø Bacalah ayat berikut dengan tartil dan fasih. Kemudian salin kembali
dengan benar dan baik.
Ø Penjelasan Tajwid
2. Terjemahan ayat
Terjemahan
Q.S. Al; Kahfi, 18 : 29 adalah :
Dan katakanlah (Muhammad),
“Kebenaran itu datingnya dari Tuhanmu; dan barangsiapa menghendaki
(beriman) hendaklah dia beriman, dan barang siapa menghendaki (kafir) biarlah
dia kafir.” Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka bagi orang zalim, yang
gejolaknya mengepung mereka. Jika mereka meminta pertolongan (minum), mereka
akan diberi air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan wajah. (Itulah)
minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek. (29)
3.
Kandungan
Ayat
o Kebenaran
itu datangnya dari Allah SWT, sedangkan yang salah datangnya dari selain Allah
SWT.
o Manusia
itu bebas memilih untuk menentukan pilihan apakah ia mau beriman atau ingkar
kepada Allah SWT (kafir).
o Pilihan
manusia akan mengandung konsekuensi kehidupan di akherat. Bagi orang yang
menganut agama yang benar (Islam) maka Allah SWT akan menyediakan balasan
surga. Sebaliknnya orang yang berbuat zalim dan kafir akan dimasukkan ke dalam
api neraka.
4.
Penjelasan
Qur’an
Surat Al Kahfi merupakan surat yang ke 18 terdiri atas 110 ayat, termasuk
golongan ayat Makiyyah. Dinamai “Al Kahfi” artinya “Gua” dan “ashhabul
Kahfi” artinya: “ penghuni-penghuni gua”. Kedua nama ini diambil
dari cerita yang terdapat dalam surat ini pada ayat 9 sampai dengan 26, tentang
beberapa orang pemuda yang tidur dalam gua bertahun-tahun lamanya. Selain
cerita tersebut, terdapat pula beberapa buah cerita dalam surat ini yang
kesemuanya mengandung I’tibar dan pelajaran yang amat berguna bagi
kehidupan manusia. Pada sejarah manusia yang dilukiskan dalam ayat tersebut
Allah menunjukkan Kemaha Kuasaan Allah terhadap segala yang terjadi di alam
ini.
Dalam
ajaran Islam melarang penganutnya memaksa orang lain untuk masuk Islam (lihat
Q.S. Al Baqarah ayat….).Umat Islam diharuskan tegas kepada keyakinan
aqidahnya, namun didorong untuk bersikap dan berperilaku toleran terhadap umat
agama lain (non Islam), diharapkan dapat bekerjasama yang berkaitan dengan muamalah sehingga tumbuh kedamaian dan kerukunan antar
umat beragama.
Kebebasan
memilih agama merupakan hak Asasi Manusia yang tercantum dalam piagam PBB
tentang Hak-hak Asasi Manusia yang biasa disebut “The Universal Decl;aration oh
Human Rights” pasa 18 yang tercantum dalam Declarasi Kairo tentang
Hak-hak Asasi Manusia pasal 10. Di Indonesia tercantum pada Undang-undang Republik Indonesia No. 39
tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia Bab III pasal 22.
Berbahagialah
umat manusia yang telah masuk Islam dan telah dapat mengamalkan ajaran-ajarannya.
Allah akan memberikan rahmat dan
karunia-Nya baik di dunia mapun di akherat.( simak Qur’an Surat Al Mukminun 1 –
11 )
UJI KOMPETENSI
A. Aspek afektif
Isilah pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang
sebenarnya dengan cara mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia
INTERNALISASI AKHLAK MULIA
|
|||||
No
|
Pernyataan
|
setuju
|
tidak setuju
|
tidak tahu
|
alasan
|
1
|
Umat Islam tidak boleh
mengi-
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
|
kuti
ibadah agama lain
|
|
|
|
|
2
|
Kaum perusak agama adalah
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
|
orang yang mencampur aduk-kan ajaran Islam dengan
ajaran kemusyrikan
|
|
|
|
|
3
|
Umat Islam dengan penganut
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
|
Agama lain boleh bertoleransi selama tidak
menyangkut aqi-dah dan ubudiyah
|
|
|
|
|
4
|
Di dunia ini umat Islam terpecah
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
|
belah fahamnya, namun masih dapat disatukan
dengan pe-doman kesamaan aqidah
|
|
|
|
|
5
|
Umat Islam boleh bergaul de-
|
…..
|
….
|
….
|
…..
|
|
ngan bangsa-bangsa barat
(Eropa dan Amerika)
|
|
|
|
|
6
|
Orang Islam yang murtad sam-
|
…..
|
….
|
….
|
…..
|
|
pai
mati kelak termasuk orang yang zalim dan akan diazab di neraka
|
|
|
|
|
Lampiran 2 : Format Penilaian Proses bealajar
FORMAT PENGAMATAN SIKAP
No
|
Nama Siswa
|
Disiplin
|
Tanggung jawab
|
Peduli
|
Kerja keras
|
||||||||
a
|
b
|
c
|
a
|
B
|
c
|
a
|
b
|
c
|
A
|
b
|
c
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
INDIKATOR KOMPETENSI INTI
1 DAN 2
1.
Disiplin
a.
Selalu hadir di kelas
tepat waktu
b.
Mengerjakan LKS sesuai
petunjuk dan tepat waktu
c.
Mentaati aturan main dalam
kerja mandiri dan kelompok
2.
Tanggung jawab
a.
Berusaha menyelesaikan
tugas dengan sungguh-sungguh
b.
Bertanya kepada teman/guru
bila menjumpai masalah
c.
Menyelesaikan permasalahan
yang menjadi tanggung jawabnya
d.
Partisipasi dalam kelompok
3.
Peduli
a.
Menjaga kebersihan kelas,
membantu teman yang membutuhkan
b.
Menunjukkan rasa empati
dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
c.
Mampu memberikan
ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
d.
Memberikan bantuan sesuai
dengan kemampuannya
4.
Kerja keras
a.
Mengerjakan LKS dengan
sungguh-sungguh
b.
Menunjukkan sikap pantang
menyerah
c.
Berusaha menemukan solusi
permasalahan yang diberikan
PEDOMAN PENILAIAN:
a.
Penilaian dilakukan dengan
cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam
waktu tertentu.
b.
Hasil yang dicapai
selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
.
·
Tugas
- Mengumpulkan bahan-bahan artikle/ tulisan
sebagai data untuk pembuatan makalah dan
laporan tentang perilaku toleran dan kerukunandalam kehidupan sehari-hari
-
Melakukan
obeservasi langsung terhadap perilaku
toleran dan kerukunanbaik disekolah, rumah dan masyarakat
·
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
- Isi diskusihikmah
berperilaku sikap toleran dan kerukunan
- Sikap tolerandan kerukunandalam
kehidupan sehari-hari
·
Portofolio
·
Membuat
laporan tentang hikmah berperilaku sikap toleran dan kerukunan
·
Tes
Komentar
Posting Komentar