materi kelas XI Hormati dan sayangi orangtua dan guru mu
Bacalah ayat-ayat berikut dengan tartil dan renungkanlah maknanya serta
perhatikan adab dan sopan santun membaca Al Qur’an.
Artinya:
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar
kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak.
Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut
dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada
keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah
kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya
dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya
sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.” (Q.S. al-Isrā’/17: 23-24)
Pentingnya
seorang anak untuk meminta doa restu dari kedua orang tuanya pada setiap
keinginan dan kegiatannya karena restu Allah Swt. disebabkan restu orang tua.
Orang yang berbakti kepada orang tua doanya akan lebih mudah dikabulkan oleh
Allah Swt.
Apalagi
seorang anak mau melakukan atau menginginkan sesuatu. Seperti, mencari ilmu,
mendapatkan pekerjaan, dan lain sebagainya, yang paling penting adalah meminta
restu kedua orang tuanya. Dalam sebuah hadis disebutkan:
Artinya: “Riḍa
Allah terletak pada riḍa orang tua, dan murka Allah terletak pada kemurkaan
orang tua.” (HR. Baihaqi)
Artinya: “Aku bertanya kepada Nabi saw., “Amalan
apakah yang paling dicintai oleh Allah Swt.?” Beliau menjawab, “Ṡalat pada
waktunya.” Aku berkata, “Kemudian apa?” Beliau
menjawab, “Berbakti kepada orang tua.” Aku berkata, “Kemudian apa?”
Beliau menjawab, “Kemudian jihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari)
Perlu
ditegaskan kembali, bahwa birrul wālidain
(berbakti kepada kedua orang tua), tidak hanya sekadar berbuat ihsan (baik)
saja. Akan tetapi, birrul wālidain memiliki
‘bakti’. Bakti itu pun bukanlah balasan yang setara jika dibandingkan dengan
kebaikan yang telah diberikan orang tua. Namun setidaknya, berbakti sudah dapat
menggolongkan pelakunya sebagai orang yang bersyukur.
Imam
Adz-Dzahabi menjelaskan, bahwa birrul
wālidain atau bakti kepada orang tua, hanya dapat direalisasikan dengan
memenuhi tiga bentuk kewajiban:
Pertama : Menaati segala perintah orang
tua, kecuali dalam maksiat. Kedua :
Menjaga amanah harta yang dititipkan orang tua, atau diberikan oleh orang tua.
Ketiga : Membantu atau menolong orang tua bila mereka membutuhkan.
Tentu
saja, kewajiban kita untuk berbakti kepada kedua orang tua dan guru bukan tanpa
alasan. Penjelasan di atas merupakan alasan betapa pentingnya kita berbakti
kepada kedua orang tua dan guru.
Adapun
hikmah yang bisa diambil dari berbakti kepada kedua orang tua dan guru, antara
lain seperti berikut.
1.
Berbakti kepada kedua orang tua
merupakan amal yang paling utama.
2.
Apabila orang tua kita riḍa atas apa yang kita perbuat, Allah
Swt. pun riḍa.
3.
Berbakti kepada kedua orang tua
dapat menghilangkan kesulitan yang sedang dialami, yaitu dengan cara bertawasul
dengan amal saleh tersebut.
4.
Berbakti kepada kedua orang tua
akan diluaskan rezeki dan dipanjangkan umur.
5.
Berbakti kepada kedua orang tua
dapat menjadikan kita dimasukkan ke jannah (surga) oleh Allah Swt.
B.
Hormat dan Patuh kepada Guru
Guru
adalah orang yang mengajarkan kita dengan berbagai ilmu pengetahuan dan mendidik kita sehingga menjadi orang yang
mengerti dan dewasa. Walau bagaimana tingginya pangkat atau kedudukan
seseorang, dia adalah bekas seorang pelajar yang tetap berhutang budi kepada
gurunya yang pernah mendidik pada masa dahulu.
Guru
adalah orang yang mengetahui ilmu (‘ālim/ulamā),
dialah orang yang takut kepada Allah Swt.
Artinya:
“Dan demikian (pula) di antara manusia, makhluk bergerak yang bernyawa dan
hewan-hewan ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Di antara
hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama. Sungguh, Allah
Mahaperkasa, Maha Pengampun.” (Q.S. Fāṭir/35: 28)
Guru adalah pewaris para nabi. Karena melalui guru,
wahyu atau ilmu para nabi diteruskan kepada umat manusia. Imam Al-Gazali
mengkhususkan guru dengan sifat-sifat kesucian, kehormatan, dan penempatan guru
langsung sesudah kedudukan para nabi. Beliau juga menegaskan bahwa: “Seorang yang berilmu dan kemudian bekerja
dengan ilmunya itu, maka dialah yang dinamakan besar di bawah kolong langit
ini, ia adalah ibarat matahari yang menyinari orang lain dan mencahayai dirinya
sendiri, ibarat minyak kesturi yang baunya dinikmati orang lain dan ia sendiri
pun harum. Siapa yang berkerja di bidang pendidikan, maka sesungguhnya ia telah
memilih pekerjaan yang terhormat dan yang sangat penting, maka hendaknya ia
memelihara adab dan sopan satun dalam tugasnya ini.”
Penyair Syauki telah mengakui pula nilainya seorang
guru dengan kata-kata sebagai berikut: “Berdiri
dan hormatilah guru dan berilah penghargaan, seorang guru itu hampir saja
merupakan seorang rasul.”
Guru
adalah bapak rohani bagi seorang murid, ialah yang memberikan santapan jiwa
dengan ilmu, pendidikan akhlak, dan membimbingnya. Maka, menghormati guru
berarti penghargaan terhadap anak-anak kita, dengan guru itulah, mereka hidup
dan berkembang.
Sesuai
dengan ketinggian derajat dan martabat guru, tidak heran kalau para ulama
sangat menghormati guru-guru mereka. Cara mereka memperlihatkan penghormatan
terhadap gurunya antara lain sebagai berikut.
1.
Mereka rendah hati terhadap
gurunya, meskipun ilmu sudah lebih banyak ketimbang gurunya.
2.
Mereka menaati setiap arahan
serta bimbingan guru, misalnya seorang pasien yang tidak tahu apa-apa tentang penyakitnya
dan hanya mengikut arahan seorang dokter pakar yang mahir.
3.
Mereka juga senantiasa berkhidmat
untuk guru-guru mereka dengan mengharapkan balasan pahala serta kemuliaan di
sisi Allah Swt.
4.
Mereka memandang guru dengan
perasaan penuh hormat dan ta’ẓ³m (memuliakan) serta memercayai
kesempurnaan ilmunya. Ini lebih membantu pelajar untuk memperoleh manfaat dari
apa yang disampaikan guru mereka.
Berdasarkan
uraian di atas, betapa pentingnya menghormati guru. Dengan menghormati guru,
kita akan mendapatkan berbagai keuntungan, antara lain sebagai berikut.
1.
Ilmu yang kita peroleh akan
menjadi berkah dalam kehidupan kita.
2.
Akan lebih mudah menerima
pelajaran yang disampaikannya.
3.
Ilmu yang diperoleh dari guru
akan menjadi manfaat bagi orang lain.
4.
Akan selalu didoakan oleh guru.
5.
Akan membawa berkah, memudahkan
urusan, dianugerahi nikmat yang lebih dari Allah Swt.
6.
Seorang guru tidak selalu di atas
muridnya. Ilmu dan kelebihan itu merupakan anugerah Allah Swt. akan memberikan
anugerah-Nya kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya.
UJI KOMPETENSI
Aspek afektif
Isilah
pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang sebenarnya dengan cara
mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia
INTERNALISASI AKHLAK MULIA
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Bangun pagi tanpa dibangunkan orang tua.
|
|
|
2.
|
Saya selalu berpamitan, bersalaman dengan
orang tua ketika hendak berangkat dan
pulang sekolah
|
|
|
3.
|
Saya sering emosi dengan Ibu saya kalau
beliau bertutur kata yang terasa
menyakiti saya.
|
|
|
4.
|
Saya punya pekerjaan khusus di rumah untuk
membantu meringankan pekerjaan orang tua.
|
|
|
5.
|
Saya sering pulang ke rumah terlambat tanpa
memberi tahu orang tua terlebih dahulu.
|
|
|
6.
|
Saya suka menanyakan hal-hal yang berkaitan
dengan ilmu pengetahuan kepada guru.
|
|
|
7.
|
Setiap disuruh oleh guru selalu dilaksanakan.
|
|
|
8.
|
Saya sering melakukan kesalahan yang membuat
orang tua marah.
|
|
|
9.
|
Saya sering melakukan kesalahan yang membuat
guru marah.
|
|
|
10.
|
Saya meyakini bahwa orang tua dan guru
sangat berjasa bagi kehidupan saya.
|
|
|
Lampiran 2 : Format Penilaian Proses bealajar
FORMAT PENGAMATAN SIKAP
No
|
Nama Siswa
|
Disiplin
|
Tanggung jawab
|
Peduli
|
Kerja keras
|
||||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
32
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
37
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1. Disiplin
a. Selalu
hadir di kelas tepat waktu
b. Mengerjakan
LKS sesuai petunjuk dan tepat waktu
c. Mentaati
aturan main dalam kerja mandiri dan kelompok
2. Tanggung
jawab
a.
Berusaha menyelesaikan
tugas dengan sungguh-sungguh
b.
Bertanya kepada teman/guru
bila menjumpai masalah
c.
Menyelesaikan permasalahan
yang menjadi tanggung jawabnya
d.
Partisipasi dalam kelompok
3. Peduli
a.
Menjaga kebersihan kelas,
membantu teman yang membutuhkan
b.
Menunjukkan rasa empati
dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
c.
Mampu memberikan
ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
d.
Memberikan bantuan sesuai
dengan kemampuannya
4. Kerja
keras
a.
Mengerjakan LKS dengan
sungguh-sungguh
b.
Menunjukkan sikap pantang
menyerah
c.
Berusaha menemukan solusi
permasalahan yang diberikan
PEDOMAN PENILAIAN:
a.
Penilaian dilakukan dengan
cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam
waktu tertentu.
b. Hasil
yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
.
· Tugas
-
Melakukan telaah terhadap kaedah tajwid dan kandungan makna yang
terdapat dalam Al-Qur’an surat At Taubah (9): 119 serta Hadits yang terkait
· Observasi
- Mengamati pelaksanaan
diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
- Isi diskusi (kaedah tajwid, makna mufrodat dan
ijmali, dan kandungan makna ayat al-Qur’an)
kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras dalam kehidupan seha-hari sebagai implemantsi dari
pemahaman Al-Qur’an surat At Taubah (9): 119
serta Hadits yang terkait
· Portofolio
- Membuat laporan tentang kaedah tajwid, makna
mufrodat dan ijmali, serta kandungan makna Al-Qur’an surat At Taubah (9): 119
serta Hadits yang terkait
· Tes
-
Tes kemampuan
kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda dan uraian
Komentar
Posting Komentar